Saturday, 18 May 2024
Bahan Banner yang Umum Digunakan, Simak di Sini!

Ada begitu banyak bentuk media promosi cetak, banner adalah salah satunya. Banner adalah media informasi non personal yang memuat pesan promosi. Bentuk cetak banner bisa bermacam-macam, ada X Banner, Mini Banner, Roll Up Banner, Y Banner, Tripod Banner, dan sebagainya.

Selain bentuknya yang beragam, bahan banner juga berbeda-beda. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Anda bisa pilih bahan banner sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Berikut bahan-bahan banner yang berkualitas:

 

Flexy Korea

Bahan yang pertama dan sering digunakan untuk membuat banner adalah flexy. Bahan ini pun terbagi menjadi 3 jenis, yang pertama adalah bahan flexy Korea. Tekstur bahan flexy Korea halus dan mampu menghasilkan kualitas cetakan yang tinggi. Ketebalan bahan flexy Korea antara 250 gr – 400 gr, tebal karenanya tidak mudah pudar tintanya.

Bahannya yang cukup tebal membuat banner flexy korea sangat cocok untuk dijadikan media promosi di luar ruangan seperti banner acara. Selain buat bahan banner, Flexy Korea juga cocok untuk dijadikan spanduk maupun baliho. Untuk banner di dalam ruangan pun cocok, misalnya dijadikan X banner dan Y banner. Jika ingin membuat backdrop yang berkualitas, bisa juga pakai bahan ini.

 

Baca Juga: Mau Cetak Banner atau Spanduk? Kenali Dulu Perbedaannya

 

Flexy China

Bahan flexy yang kedua adalah flexy China. Agak berbeda dengan flexy Korea, bahan flexy China ini lebih tipis. Ketebalannya tersedia dalam 3 ukuran, yaitu 260 gr, 280 gr, dan 340 gr. Dibandingkan dengan flexy Korea, tekstur flexy China terasa lebih kasar karena ada serat-serat didalamnya.

 

Bahan flexy China cocok dijadikan X banner, Y banner dan backdrop. Hanya lebih cocok dipasang di dalam ruangan, karena tidak terkena sorot sinar matahari secara langsung maupun terkena air hujan. Jadi kualitasnya akan tetap baik dan tahan lama. Kalau dipasang di luar ruangan, bahan flexy China ini lebih mudah sobek, tintanya mudah pudar dan kusam karena terkena sinar matahari. Tentu saja harga bahan banner ini lebih terjangkau dibanding versi Korea.

 

Flexy Jerman

 

Ada juga bahan banner flexy yang versi Jerman. Bahan ini kualitasnya cenderung lebih baik dibandingkan kedua versi flexy sebelumnya. Bahannya lebih tebal dan lebih baik, karena itu bahan flexy Jerman memang lebih mahal dibandingkan flex Korea dan flexy China. Ketebalannya antara 230 gr – 400 gr. Flexy Jerman bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan.

Untuk di dalam ruangan, biasanya dijadikan X banner. Sedangkan untuk di luar ruangan bisa dijadikan banner, baliho dan spanduk. Karena harganya yang tinggi, jadi sering kali tempat percetakan tidak menyediakan flexy Jerman. Meski ada juga yang selalu siap dengan bahan ini.

 

Bahan Cloth

 

Bahan banner berikutnya adalah cloth yang sering digunakan untuk bahan bendera atau umbul-umbul. Permukaannya halus dan jenis kainnya cukup tipis. Untuk spanduk, bahan cloth sering digunakan di pusat perbelanjaan, tepatnya yang dipasang di bagian atas. Untuk banner, biasanya dicetak dengan menggunakan digital printing.

 

Baca Juga: Digital Printing, Solusi Cetak yang Cepat dan Berkualitas

 

Selain untuk media promosi, bahan cloth biasa juga digunakan sebagai dekorasi rumah. Jika dikerjakan di percetakan yang kualitasnya baik, bahan cloth akan tahan lama. Karena itu, bahan ini juga sering dipilih oleh konsumen dan sering kita temukan di percetakan.



 





Salah satu percetakan yang menyediakan berbagai bahan banner lengkap mulai dari Flexy Jerman sampai Bahan Cloth pun juga ada pastinya di PT Bintang Sempurna. Mode cetak tersedia dalam bentuk digital printing maupun offside printing.

 

Anda bisa juga cetak banner langsung ke store digital printing Benhil Bintang Sempurna di Jl. Bendungan Hilir No.46, RT.8/RW.1, Bend. Hilir, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Tapi kalau Anda lebih suka yang praktis, bisa juga cetak banner via website Online Print, platform cetak online dari Bintang Sempurna pastinya onlineprint.co.id. Copy-paste link ini untuk langsung menuju pilihan bahan banner favorit

https://onlineprint.co.id/advance_search.php?search_section=1&search_val=banner