Monday, 20 May 2024
Bedanya Ukuran A3 Plus dengan Ukuran A3 Biasa, Sudah Tahu Belum?

Jika bergelut di dunia digital printing, tentunya tak lepas dari berbagai macam ukuran kertas. Salah satunya adalah kertas ukuran A3 Plus. Kebanyakan orang sudah tidak asing dengan kertas A3 biasa yang ukurannya lebih besar dari kertas A4. Lalu apa bedanya kertas A3 Plus dengan kertas A3 biasa?

Dari namanya saja sudah ketahuan, bahwa kertas ukuran A3 plus lebih besar dibanding A3 biasa. Sebesar apa perbedaan A3 ukuran biasa dan plus? Berikut penjelasan lengkap berserta kegunaannya.

 

Perbedaan Kertas A3 Plus dan A3 Biasa

Sudah tentu antara kertas A3 Plus dan A3 biasa ada perbedaannya, tapi tentu ada pula persamaannya. Yang pertama, ukurannya lebih besar dari kertas A4, kira-kira hampir dua kali lipatnya. Selain itu, kedua jenis kertas A3 ini sering digunakan untuk pembuatan brosur. Dibandingkan mencetak brosur dengan kertas A4, menggunakan kertas A3 hasilnya jadi lebih banyak.

Sedangkan perbedaan kertas A3 Plus dan A3 biasa bisa dilihat dari ukuran, jenis material kertas, fungsi dan penggunanya.

 

1. Beda Ukuran

Sesuai namanya, kertas A3 Plus ukurannya lebih besar dibandingkan kertas A3 biasa. Tapi memang perbedaannya tidak terlalu besar. Kertas ukuran A3 dalam cm adalah 29.7 x 42 cm. Sedangkan ukuran kertas A3 Plus adalah 32,9 x 48,3 cm. Lebarnya terpaut selisih kurang lebih 3 cm, sedangkan panjangnya terpaut 6 cm lebih.  

Jika diubah ke dalam ukuran pixel, maka ukuran A3 dalam Pixel 300 DPI adalah 3508 x 4960 pixel. Kalau A3 biasa dalam 150 DPI adalah 1754 x 2480 pixel. Semakin kecil DPI-nya, semakin kecil ukuranya. Sementara kalau ukuran A3 plus dalam Pixel adalah 2850 x 1950 (DPI 150) dan 5700 x 3900 (DPI 300).

 

2. Beda Material

Perbedaan selanjutnya adalah dari materialnya. Kertas A3 biasa adalah yang paling sering kita temui sehari-hari. Biasanya kertas A3 biasa ini terbuat dari kertas HVS. Bahan ini memang yang paling umum digunakan dan mudah ditemukan juga di berbagai toko buku dan alat tulis.

Sedangkan untuk kertas A3 Plus ternyata materialnya lebih banyak ragamnya. Mulai dari HVS, art paper, art carton, stiker cromo, karton BW, dan masih banyak lagi. Penggunanya bisa memilih kertas A3 Plus dengan material yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


3. Beda Fungsi

Kertas A3 Plus maupun A3 biasa sebenarnya sama-sama bisa digunakan untuk membuat brosur maupun poster, apalagi kalau terbuat dari material yang tebal. Tapi kertas A3 biasa yang banyak beredar adalah yang dari HVS. Jadi kertas A3 biasa lebih sering digunakan untuk menggambar.

Sedangkan fungsi kertas A3 Plus lebih luas. Kebanyakan kertas A3 Plus digunakan untuk membuat poster dan diagram. Bukan berarti kertas A3 Plus tidak bisa digunakan untuk menggambar. Tapi biasanya menggambarnya lebih profesional. Selain itu, karena material A3 plus lebih beragam, maka A3 plus juga cocok untuk cetak stiker, cetak kartu nama dan lain sebagainya.

 

Baca Juga:

·         Pengertian Kartu Nama, Jenis dan Fungsinya

·         Cara Memasang Stiker Vinyl Pada Produk

 

4. Beda Pengguna

Kertas A3 biasa, terutama yang terbuat dari HVS, bisa digunakan oleh siapa saja. Bahkan anak-anak pun banyak yang menggambar di atas kertas A3 biasa. Sedangkan kertas A3 Plus lebih sering digunakan untuk digital printing dan juga perkantoran. Penggunanya meliputi profesional seperti arsitek, desainer grafis, notaris, dan lain sebagainya.

 

Kertas A3 Plus menjadi salah satu standarisasi ukuran kertas dalam dunia digital printing. Ketika cetak kartu nama, cetak stiker dan berbagai jenis cetakan lainnya biasanya yang digunakan adalah ukuran area print kertas A3 plus.

 

Itulah bedanya kertas A3 Plus dan kertas A3 biasa. Makanya kalau Anda ingin cetak mencetak, desainlah dalam area print A3 plus. Baru setelah itu Anda serahkan ke percetakan terdekat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil cetak yang pasti berkualitas dan mempunyai material lengkap, pastikan kamu kunjungi Bintang Sempurna di Jl. Bendungan Hilir No.46, RT.8/RW.1, Bend. Hilir, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

Percetakan yang sudah beroperasi lebih dari 32 tahun ini menyediakan ukuran A3 plus dengan area print 31 x 43,5 cm. Jadi lebih luas dibanding A3 biasa. Selain datang langsung, Anda juga bisa cetak online berbagai kebutuhan di Online Print. Cukup buka onlineprint.co.id, cetak stiker, brosur, pamphlet, kartu nama dan lain sebagainya bisa Anda lakukan dengan simpel dan bebas antri.