Tuesday, 7 December 2021
Begini Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

Digital printing makin populer beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya permintaan print on demand dari pelanggan. Percetakan digital pun mulai menggeser cetak offset yang lebih dahulu menjadi raja industri percetakan.

Cara kerja kedua teknik percetakan tersebut tidak sama karena sistem pengoperasiannya memang berbeda. Orang awam bisa saja beranggapan mencetak dengan teknik mana pun sama saja selama hasilnya sesuai. Namun, kalau ditelusuri lebih jauh, justru Anda harus cermat memilih mana teknik percetakan yang paling tepat dengan kebutuhan.

Baca Juga: Greeting Card, Produk Cetak Buat Kolega Saat Momen Spesial

Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing


Untuk menentukan mana teknik percetakan yang paling sesuai kebutuhan Anda, mari kenali lebih dahulu kelebihan masing-masing.

Digital Printing

Digital offset merujuk pada metode percetakan dari gambar digital dalam bentuk file. Lalu, file tersebut dicetak langsung pada berbagai media dengan mengandalkan sistem komputerisasi. Karena tidak memakai plat dan film, proses cetaknya pun lebih cepat dan murah. Itulah alasan percetakan digital printing makin mudah dijumpai di berbagai kota.

Tinta print umumnya berbentuk toner, namun pada teknologi digital offset menggunakan pasta yang cenderung cair dan sensitif terhadap listrik (electro-ink). Dengan begitu, Anda dapat mencetak apa pun di berbagai jenis media, seperti karton, kertas, plastik, dan komersial maupun fancy media. Hal tersebut menjelaskan proses cetak digital lebih disukai dan populer di kalangan masyarakat yang awam dengan dunia percetakan.

Keunggulan cetak digital dibandingkan cetak offset antara lain:

  •          Proses cetak lebih cepat dan mudah, sebab tidak memerlukan proses persiapan cetak yang panjang.
  •          Kualitas cetak sudah sangat baik.
  •          Bisa mencetak dalam jumlah sedikit, satu lembar saja boleh.
  •          Kecepatan cetak relatif cepat dan mudah, bisa mencapai 3.600 halaman A3+ per jam.
  •          Hasil gaya cetak dapat divariasi dan dipersonalisasi.
  •          Tersedia banyak pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan cetak, termasuk penggunaan warna khusus atau spesial.
  •          Lebih ramah lingkungan karena menghemat pemakaian tinta dan kertas. 

Offset Printing

Merupakan teknik cetak yang memindahkan/mentransfer (offset) suatu citra bertinta dari plat ke lembaran karet, kemudian ke permukaan benda yang akan dicetak. Sebuah planographic memuat citra atau gambar yang hendak dicetak, bekerja dengan mengambil tinta dari ink rollers. Selanjutnya, area yang tidak dicetak akan menarik air saja sehingga area tersebut bebas tinta.

Dengan cara kerja demikian, cetak offset lebih cocok untuk kebutuhan cetak skala besar atau kuantitas besar. Ditambah lagi, kualitas hasil cetak pun terbilang akurat, tajam, dan mampu mendekati gambar aslinya. Semua itu dapat Anda peroleh dengan harga ekonomis selama memang dicetak dalam jumlah besar.

Kelebihan cetak offset dibandingkan digital printing adalah:

      Kecepatan produksi bisa mencapai 15.000 halaman per jam.

  Dapat dicetak di berbagai media, seperti kertas, sintetis, maupun mencetak 3D lenticular (khusus untuk hybrid-offset printer).

      Tersedia berbagai ukuran plat film, antara lain 52 x 35 cm dan 93 x 63 cm.

      Harga jauh lebih terjangkau.

Digital Printing dan Offset Printing di Bintang Sempurna


Sobat Bintang telah mengetahui kelebihan masing-masing metode cetak. Keduanya punya kekurangan tersendiri yang masih dapat ditangani jika Anda berkonsultasi lebih dahulu dengan PT Bintang Sempurna. Contoh, biaya cetak digital dalam kuantitas besar  lebih mahal daripada offset, tetapi tetap jadi pilihan terbaik jika Anda hanya ingin mencetak dalam jumlah sedikit. Sebaliknya, mencetak offset dengan kuantitas kecil justru biayanya jauh lebih tinggi.

Percetakan Jakarta andal seperti PT Bintang Sempurna siap memenuhi kebutuhan pelanggan dengan layanan terbaik. Salah satunya lewat penyediaan mesin cetak berperforma unggul. Untuk digital printing, mesin HP Indigo 7900 dan Indigo 5900 jadi pemain utama. Sementara itu, cetak offset menggunakan Heidelberg SM52-4 dan Komori H-UV GL37.

PT Bintang Sempurna juga memfasilitasi berbagai kebutuhan cetak Anda. Bahkan, tersedia opsi print on demand yang memungkinkan Anda mencetak secara digital dengan jumlah pesanan minimum 1 buah. Plus, PT Bintang Sempurna adalah satu-satunya print service provider yang mengeksplorasi secara mendalam berbagai aplikasi warna tinta untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.


Ingin memastikan semua kebutuhan cetak Anda terpenuhi? Sobat Bintang bisa datang ke kantor PT Bintang Sempurna di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, atau cukup pesan langsung di onlineprint.co.id. Yuk, masukkan pesanan Anda sekarang!