Friday, 27 November 2020
Format Finishing Produk Printing Pra Produksi

Format finishing produk printing ada berbagai jenis. Meski begitu, hal ini tetap ditujukan agar tentu tetap agar bentuk produk yang dihasilkan tampak lebih ideal.

Format finishing produk printing baru akan muncul ketika proses produksi telah selesai. Seusai melewati proses produksi, tahap akhir yang diperlukan yaitu finishing. Maksud dari dilakukannya finishing itu sendiri ialah agar produk menjadi lebih layak dan sempurna untuk digunakan. Proses finishing yang bagus tentu akan sangat mempengaruhi kualitas hasil akhir.

Ragam Format Finishing Produk Printing


Baca Juga: Sign and Display, Perangkat Promosi Berkualitas Buat Brand

Lantas. terdapat format proses finishing apa saja yang bisa diterapkan pada sebuah produk? Berikut di antaranya:

1. Finishing berwujud lembaran

Finishing dengan wujud lembaran terbagi atas atas 2 macam, yaitu penambahan lapisan atau tekstur dan perubahan wujdu. Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk menambah lapisan di produk, antara lain laminating, UV coating, dan hot stamp/foil.

Laminating juga terdiri atas 2 jenis, yaitu standard dan fancy. Untuk standard, ada pilihan doft dan gloss. Sedangkan untuk fancy, terdapat pilihan rough touch dan soft touch.

Adapun, UV coating juga punya 2 jenis, yaitu standard dan fancy. Standard punya wujud spot UV dan UV varnish. Jenis fancy dengan texture UV finish (TUF) memiliki ketebalan hingga 250 micro. Berdasarkan teksturnya pun terbagi dua lagi, yakni grainy texture dan high gloss. Jika ingin melakukan penambahan lapisan dengan hot stamps/foil, jenisnya juga banyak lagi.

Finishing merupakan perubahan wujud yang terdiri atas 4 jenis, yakni potong standard, creasing/rel, die cut, dan digital cut. Creasing ialah proses melipat dan menempel dari bentuk 2D hingga 3D, contohnya kemasan (packaging). Sedangkan proses die cut adalah membentuk pola pada media cetak. Metodenya dengan menggunakan pisau pond. Proses ini umumnya dipakai saat membuat amplop atau kemasan.

Proses yang terakhir ini yaitu digital cut. Ini merupakan proses membuat pola di media cetak tanpa memakai pisau pond. Meski begitu, perubahan wujudnya tetap diterapkan dengan laser cut dan XY flatbed cutter. Contoh hasilnya antara lain cutting sticker mobil.

2. Penjilidan

Wujud finishing berikutnya merupakan penjilidan. Umumnya, hal ini diterapkan di produk berupa buku. Terdapat beberapa jenis jilid buku yang biasanya diterapkan, yakni booklet/saddle stitch. Ini merupakan metode penjilidan di kertas lembaran yang dicetak pada dua sisi. Kertas ditumpuk dengan urutan nomor halaman, kemudian dilipat dua, dan dijepit dengan staples dari kawat tipis.

Terdapat juga jilid soft cover yang biasanya dilakukan pada buku. Ini merupakan jenis sampul yang tipis dan dapat dilengkungkan dengan mudah. Soft cover punya perbedaan dengan jilid hard cover yang memakai tambahan pelapis sehingga terlihat kaku. Ada juga beberapa jenis penjilidan lainnya, seperti jilid spiral, japanese binding, coptic binding, tape binding, dan sebagainya.

3. Large Format

Finishing berikutnya dalam wujud large format. Terdapat beberapa bentuk yang bisa dicoba, yaitu seaming (lipat/sambung), pole pocket (selongsong), mata ayam (grommet), dan cold lamination (laminating dingin), dan cutting sticker.

4. Rigid Media

Terakhir, terdapat wujud finishing untuk media dengan tekstur keras, yakni routing (CNC) dengan mesin CNC, POP, human/character standee finishing, dan knife cut.

Baca Juga: Lenticular Printing, Metode Cetak dengan Grafis Unik

Jasa Finishing PT Bintang Sempurna


Dalam mengaplikasikan finishing pada produk, Sobat Bintang dapat mengandalkan PT Bintang Sempurna. Perusahaan ini memang dikenal berfokus pada jasa printing dan jasa dokumen yang sudah beroperasi sejak tahun 1989. PT Bintang Sempurna terus bertumbuh dan berinovasi serta menyediakan solusi dengan teknologi termutakhir.

Karena itu, PT Bintang Sempurna mengaplikasikan mesin-mesin bermutu. Proses digital cut diterapkan dengan mesin Esko Kongsberg XN, Trotec GS1000, dan Trotec Speedy 300. Sementara itu, proses jilid diterapkan dengan mesin Horizon BQ 270, CP Bourg BB 3002 - BBL, dan Horizon SPF 200. Sedangkan untuk kebutuhan texture UV finish (TUF), didukung mesin Scodix.

Terdapat beberapa kelebihan mengaplikasikan jasa finishing PT Bintang Sempurna, antara lain jenis finishing yang lengkap, digital finishing yang cepat diproses dan tanpa minimum order quantity, serta konvensional finishing yang berkualitas baik dengan harga terjangkau.

Jasa finishing di PT Bintang Sempurna hadir selama 24 jam. Jika ingin mencoba jasa ini, Sobat Bintang dapat langsung datang ke Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat. Apabila tidak sempat berkunjung, Sobat Bintang juga bisa loh melakukan pemesanan lewat OnlinePrint.co.id.