Monday, 20 May 2024
Kertas Art Paper Bisa Buat Apa Saja Ya? Berikut Karakteristik dan Contohnya

Ada beraneka macam kertas print yang digunakan di dunia percetakan. Mulai dari kertas HVS, ivory, kraft, concorde, art carton hingga coated paper. Nah salah satu jenis coated paper yang sering digunakan adalah kertas art paper. Art paper adalah salah satu jenis kertas dengan karakter tertentu yang cocok digunakan baik pada offset maupun digital printing.

 

Karakter utamanya ada pada permukaan yang halus, licin dan berkilau, sehingga art paper bisa difinishing menggunakan doff, glossy maupun UV. Dari segi tampilan, art paper mirip seperti kertas art carton. Tetapi keduannya memiliki perbedaan pada bagian grammatur. Art paper lebih tipis dibanding art carton. Anda bisa pilih tingkat ketebalan kertas art paper sesuai kebutuhan.

 

 

Baca Juga:

·         Ketahui Model Kertas Print Sebelum Naik Cetak

·         Art Paper: Kertas Mewah Paling Terjangkau. Begini Maksudnya

 

 

Keunggulan dan Karakteristik Art Paper

 

Kertas art paper disukai karena permukaannya yang halus, licin dan mengilap tidak hanya di salah satu sisi, tapi di kedua sisinya. Inilah yang membuat tampilan art paper lebih eksklusif. Gramatur art paper mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, sampai 150 gram. Art paper ada yang dilaminasi sehingga hasil akhirnya doff atau glossy.

 

Keunggulan art paper antara lain adalah:

·         Sulit menyerap kotoran; karena termasuk coated paper yang dilapisi sehingga kotoran tidak mudah menempel.

·         Lebih tahan terhadap udara yang lembap; sehingga lebih aman disimpan dalam berbagai kondisi.

·         Daya serap art paper yang permukaannya dilapisi tidak begitu besar sehingga proses pengeringan setelah cetak lebih cepat.

·         Karena daya serap yang hanya di permukaan saja, juga menyebabkan hasil cetakan lebih tajam dan warnanya lebih keluar.

·         Tampilannya premium meski harganya terjangkau.

·         Tahan air.

·         Tahan lama karena tidak rapuh, berkat lapisan lilin di permukaannya.

·         Tersedia dalam banyak ukuran, sehingga lebih mudah memilih sesuai kegunaan dan kebutuhan cetaknya.

 

 

Contoh Kegunaan Kertas Art Paper

 

Karena karakteristik dan keunggulan art paper di atas, maka jenis kertas ini sering sekali dijadikan sebagai alat promosi maupun kebutuhan pribadi. Ini dia kegunaan art paper yang sering dipesan di percetakan:

 


1. Kalender

Banyak kalender yang menggunakan art paper karena daya tahannya. Kalender sudah pasti digunakan selama 1 tahun penuh, karena itu butuh kertas yang kuat dan tidak mudah rapuh. Warnanya juga harus tahan lama, tidak mudah kusam. Jelas, art paper pilihan yang tepat. Kalender duduk membutuhkan gramatur yang lebih tinggi dan tebal dibandingkan kalender dinding.

 


2. Poster

Jenis poster bermacam-macam. Poster yang berkualitas biasanya terbuat dari art paper yang gramaturnya cukup tinggi supaya cukup tebal dan tahan dipajang di dinding dalam waktu lama. Poster yang menarik hasil cetaknya harus tajam, karena itu art paper adalah pilihan paling tepat.



 

3. Majalah

Banyak majalah yang menggunakan art paper dengan gramatur rendah pada bagian isi dan laminasi glossy. Contohnya majalah mode wanita, majalah berita, dan masih banyak lagi.

 

Tak hanya pada bagian isi, pada bagian sampul majalah yang menggunakan model soft cover juga memilih kertas art paper dengan grammasi yang lebih tebal. Ini sebabnya kertas majalah cenderung tak mudah lecek dan tetap awet meski dibolak-balik hingga berkali-kali.



4. Brosur

Untuk kebutuhan promosi, perusahaan kerap memilih art paper yang gramaturnya cukup tebal untuk cetak brosur. Dengan begitu, hasil cetakannya tajam dan tidak mudah lecek. Meski dibagikan di tengah acara yang ramai dan cuaca panas, bahkan setelah berpindah tangan berkali-kali pun tetap baik bentuknya.

 



Kertas Art Paper banyak terdapat di percetakan terdekat dan tentu setiap percetakan memiliki kualitas kertas yang berbeda-beda. Salah satu percetakan dengan jaminan kualitas kertas terbaik ialah Bintang Sempurna. Bintang sempurna adalah percetakan dengan dukungan alat dan teknologi terbaik serta SDM mempuni. Makanya meski telah ada sejak 1989, Bintang Sempurna tetap eksis hingga sekarang.

 

Kalau Anda bertempat tinggal di daerah Bendungan Hilir Jakarta Pusat, bisa mampir ke Bintang Sempurna, salah satu solusi cetak lengkap dimana kamu juga bisa eksplorasi warna tinta print dan material. 

Yuk coba cetak pakai Kertas Art Paper di Bintang Sempurna sekarang!