Thursday, 26 November 2020
Lenticular Printing, Metode Cetak dengan Grafis Unik

Lenticular Printing memberikan hasil cetak yang punya tampilan grafis menarik. Metode ini bisa diaplikasikan ke dalam aneka format cetak berkualitas tinggi.

Lenticular printing adalah salah satu inovasi dari perkembangan teknologi cetak yang belakangan menjadi populer. Teknologi Lenticular sendiri merupakan sebuah cara untuk membuat static print dapat bertransformasi saat diaplikasikan ke dalam medium yang dinamis atau interaktif.

Produk-produk yang menggunakan teknologi Lenticular dapat mengombinasikan beberapa image/grafis yang telah diproses dengan printing secara khusus (interlaced image) ke medium berupa lensa Lenticular. Lensa inilah yang mampu memberikan sudut pandang tertentu sehingga menghasilkan tampilan grafis berbeda pada produk printing.

Efek yang Dihasilkan Lenticular Printing


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, metode Lenticular ini menggunakan lensa Lenticular (sama dengan yang dipakai teknologi 3D). Produk-produk Lenticular tersebut digunakan untuk menghasilkan gambar yang dicetak dengan ilusi kedalaman.

Teknologi Lenticular yang dihasilkan dengan printing technique khusus punya kemampuan untuk mengubah atau bergerak ketika gambar dilihat dari sudut yang berbeda. Sebagai informasi, terdapat 3 mode prints effect yang dapat diaplikasikan saat menggunakan teknologi Lenticular yaitu Transforming Prints, Animated Prints, dan 3D Prints.

  • Transforming Prints

Lenticular Print technology dengan mode ini menggunakan dua atau lebih gambar yang berbeda. Karena perubahan sudut pandang yang diterapkan di Lenticular Print ini memungkinkan beralih dari satu gambar ke gambar lainnya (viewed from different angles).

Pada mode berikut, Sobat Bintang bisa mengubah sudut pandang untuk menampilkan grafis yang beralih dari satu gambar ke gambar lainnya. Ada dua pilihan efek yang dapat ditampilkan di mode ini yaitu Flip Effect dan Morphing Effect.

  • Animated Prints

Di mode ini, gambar pada Lenticular Print bergerak perlahan beralih ke gambar berikutnya dalam bentuk urutan/seri. Dua atau lebih gambar berurutan digunakan, hanya terdapat perbedaan kecil antara setiap gambar dengan gambar selanjutnya (Animation Effects).

Hal ini membuat gambar di Animated Prints tampak bergerak (efek gerakan) atau dapat membuat efek zoom, yaitu ketika bagian gambar melebar dalam atau berubah bentuk seturut transformasi sudut pandang.

  • 3D Prints

Mode ini mempunyai Stereoscopic Effects pada hasil cetaknya. Stereoscopic Effects ini menjadikan perubahan sudut pandang kecil pada produk Lenticular yang menyebabkan mata kanan dan kiri bisa melihat tampilan sedikit berbeda. Hal ini menciptakan efek 3 dimensi (3D Effect) tanpa menggunakan kacamata khusus, yang bisa memakai dua atau lebih gambar.

Pengaplikasian Lenticular Printing


Lenticular Print Technology merupakan teknologi cetak terkini yang dapat diaplikasikan dalam beragam bentuk. Pengaplikasian Lenticular Print ini bisa dipakai untuk Sign and Display maupun produk printing ukuran kecil.

Baca Juga: Sign and Display, Perangkat Promosi Berkualitas Buat Brand

Contoh penerapan Lenticular Products di Sign and Display seperti Poster, Backlite, Standee, dll. Sedangkan untuk contoh penerapan Lenticular Products berukuran kecil adalah Name Card, Cover Buku, Pembatas Buku, Post Card, Greeting Card, Invitation, Luggage Tag, Hang Tag Produk, Door Hanger, dll.

Layanan Lenticular Printing di PT Bintang Sempurna


Untuk mencetak kebutuhan Lenticular Print dalam berbagai format tersebut, Sobat Bintang dapat memilih PT Bintang Sempurna. Pasalnya, PT Bintang Sempurna yang berfokus pada layanan printing dan layanan dokumen ini telah beroperasi selama 31 tahun, tepatnya sejak tahun 1989.

Hingga kini, PT Bintang Sempurna terus berinovasi dengan solusi teknologi cetak termodern. PT Bintang Sempurna, sebagai penyedia document service terbaik, dapat Sobat Bintang kunjungi di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, 10210, Indonesia.

PT Bintang Sempurna dapat mencetak Lenticular Products dalam format On Demand/Digital maupun skala besar (offset print). Untuk menghasilkan produk Lenticular dalam format On Demand, PT Bintang Sempurna menggunakan UV Flatbed Printer (SwissQPrint).

Baca Juga: Lenticular Printing, Metode Cetak dengan Grafis Unik

Adapun, mesin SwissQPrint mampu menghasilkan output yaitu - 370 and 317sqm/hour. Untuk area kerja, SwissQPrint bekerja di sekitar 2,5 x 2 m x 50 mm. Selain itu, mesin SwissQPrint dapat mencetak di permukaan yang datar maupun bertekstur.

Produk Lentikular dalam format On Demand/Digital ini tersedia dalam 2 varian yaitu, Lenticular Print-Poster (Size Besar) dan Lenticular Print (Size Kecil). Sobat Bintang bisa memesannya melalui OnlinePrint.co.id.

Jika mempunyai kebutuhan produk Lenticular skala besar, PT Bintang Sempurna memiliki mesin offset Komori H-UV GL37. Mesin ini punya 4 ink stations dan mampu mencetak (tinta CYMK) dengan kecepatan hingga 16.000 lembar A1 per jam (luas cetak 62 x 93 cm).

Sebagai informasi, mesin offset Komori H-UV GL37 ini juga punya lampu UV yang berfungsi mengeringkan tinta dan mampu menggunakan tinta UV maupun konvensional. Selain itu, mesin offset Komori H-UV GL37 dapat digunakan untuk kertas ataupun media sintetis.

Nah, untuk kebutuhan offset, Sobat Bintang bisa mengirim email terlebih dahulu ke CRM PT Bintang Sempurna. Selamat mencoba!