Sunday, 4 December 2022
Membuat Greeting Card yang Berkualitas, Berikut Caranya

Membuat greeting card untuk orang-orang di sekitar kita sering kali dilakukan saat momen spesial. Memang di jaman yang serba digital seperti sekarang sudah jarang sekali ditemukan greeting card berbentuk fisik. Padahal ada banyak kelebihan dari greeting card fisik dibandingkan yang digital. Tapi sebenarnya apa sih greeting card itu?


Greeting card adalah kartu ucapan berbentuk fisik yang diberikan pada berbagai momen tertentu. Greeting card bisa diberikan sebagai penyerta dari bingkisan. Misalnya mengirim hadiah atau parsel disertai greeting card sebagai penanda bingkisan itu dari siapa dan untuk siapa. Walau begitu, akan tetapi Anda juga bisa memberi greeting card tanpa disertai bingkisan.


Cara Membuat Greeting Card


Sebelum membuat greeting card, ketahui dulu macam-macamnya. Macam-macam greeting card biasanya sesuai momen pemberian. Ada greeting card yang diberikan di saat hari ulang tahun, perayaan hari jadi pernikahan, perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Hari Natal dan Tahun Baru. Untuk mengucapkan selamat karena satu pencapaian, misalnya di hari kelulusan atau ucapan selamat karena naik jabatan juga bisa pakai Greeting card.


Anda bisa membuat greeting card sendiri agar terasa lebih personal. Berikut ini adalah tips membuat greeting card yang berkualitas:


1. Siapkan Kertas yang Cukup Tebal

Supaya terlihat berkualitas, pastikan Anda memilih kertas yang teksturnya agak tebal, tapi masih bisa dilipat menjadi 2, jadi hasil akhirnya akan terlihat seperti buku yang bisa dibuka. Anda bisa pilih warna kertas sesuai selera. Atau lebih baik lagi, sesuaikan dengan selera penerimanya.


Bisa juga sesuaikan dengan momen spesial. Misalnya Natal identik dengan warna merah dan hijau. Sementara Idul Fitri identik dengan warna putih atau hijau.


2. Buat Greeting Card Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Ukuran greeting card sangat beragam. Yang dianggap ukuran standar adalah post card. Ada juga yang berukuran sangat kecil, biasanya disertakan dengan bingkisan atau hadiah tertentu, jadi isinya juga sangat singkat. Kalau tanpa bingkisan, ukuran post card lebih disarankan.


3. Hias Greeting Card

Setelah melipat greeting card jadi 2, sekarang saatnya menghias bagian depannya. Cara menghiasnya ini sangat variatif, tergantung kreativitas masing-masing.


Baca Juga: Ketahui Model Kertas Print Sebelum Naik Cetak


Buat yang jago menggambar atau melukis, bisa menambahkan karyanya sendiri. Ada juga yang lebih suka menambahkan ornamen unik, misalnya kancing, pita, atau manik-manik di sampul greeting card.


4. Tulis Isinya dengan Pesan yang Sesuai

Setelah selesai menghias, tinggal mengisi bagian dalamnya dengan pesan yang ingin disampaikan. Isi greeting card tentu tergantung momen dan kepada siapa greeting card ditujukan.


Ada yang menggunakan bahasa formal, ada juga yang isinya sangat personal. Yang pasti, sesuaikan isi dan penggunaan bahasa dengan tema dan karakter penerimanya.


5. Pres Greeting Card Agar Bentuknya Rapi

Kalau sudah selesai, biarkan semua elemen mengering terlebih dahulu. Baik itu lem maupun tinta, serta bahan kreatif lain yang digunakan. Agar greeting card lebih rapi, bisa dipres dulu dengan buku yang tebal selama beberapa jam. Hasilnya akan seperti buatan profesional!




Buatlah greeting card yang berkualitas sesuai dengan tema dan karakter penerimanya. Greeting card fisik yang semakin jarang digunakan justru memberi makna yang lebih dalam. Penerimanya akan merasa lebih dihargai. Greeting card sekaligus berfungsi sebagai bentuk silaturahmi, baik yang bersifat personal maupun formal antara perusahaan dengan kliennya.

Kalau mau buat greeting card berkualitas tanpa ribet, serahkan saja pada ahlinya greeting card. Anda bisa percayakan pada Bintang Sempurna, salah satu percetakan inovatif yang kredibel. Selain hasil cetakanya yang sangat detail, di Bintang Sempurna, Anda bisa memilih berbagai kertas print serta varian tinta yang beragam dan berkualitas. Butuh mencetak cepat? Kunjungi saja onlineprint.co.id dan buktikan kemudahan cetak tinggal klik langsung print!