Kemasan atau packaging itu bukan sekadar wadah, melainkan juga alat pemasaran yang ampuh. Ya, kemasan itu seperti wajah pertama dari produk Anda. Desain yang memikat, informasi produk yang jelas, dan kualitas bahan yang mumpuni mampu memikat calon pembeli.
Mari bahas lebih dalam mengenai berbagai jenis kemasan produk. Dengan begitu, Anda dapat memilih kemasan yang paling sesuai dengan karakteristik produk dan target pasar Anda.
Kemasan umum diartikan sebagai wadah pelindung, dirancang spesifik demi menjaga kualitas suatu produk. Pilihan material juga jenis kemasan sangat bergantung pada karakteristik unik masing-masing produk.
Kemasan produk makanan kering, misalnya, perlu
dibuat kedap udara. Tujuannya, untuk mencegah masuknya kelembapan yang dapat
memicu pertumbuhan jamur. Contoh lainnya adalah produk yang sensitif terhadap
cahaya, memerlukan kemasan yang tidak tembus cahaya untuk mencegah penurunan
kualitas.
Baca Juga: Coated Paper, Kertas Glossy Buat Cetak Poster Hingga Kemasan
Kemasan dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan fungsinya. Apa saja?
Kemasan ini merupakan kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk. Fungsinya sebagai wadah utama dan pelindung langsung produk dari kerusakan atau kontaminasi. Bahan kemasan primer harus dipilih hati-hati agar tidak bereaksi negatif (mengubah warna, rasa, bau, dll) terhadap produk. Contoh kemasan produk dari jenis primer antara lain: gelas plastik, stoples kaca, kaleng, botol plastik, botol pipet, gelas kertas, box packaging dll.
Kemasan yang tidak langsung bersentuhan pada produk disebut kemasan sekunder. Kemasan ini adalah wadah yang menampung beberapa kemasan primer, contohnya paper bag, kantong plastik, kotak kardus, dll. Fungsinya untuk memudahkan pengelompokkan serta pengiriman produk sekaligus. Kerap ditemui pada produk-produk yang dijual dalam jumlah banyak, seperti makanan ringan atau minuman kemasan.
Ini adalah kemasan terluar yang digunakan untuk pengiriman skala besar. Kemasan tersier biasanya berupa palet atau karton besar yang berisi banyak kemasan sekunder. Fungsinya untuk melindungi produk selama proses transportasi jarak jauh seperti impor dan ekspor.
Setelah paham tentang berbagai jenis kemasan produk, Anda selanjutnya perlu menyesuaikan ukuran kemasan dengan isi produk. Dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan ruang dan mengurangi biaya produksi. Ingat, kemasan yang ideal tidak hanya melindungi produk, tetapi juga mencerminkan identitas merek Anda.
Perlu vendor
cetak kemasan yang terpercaya? Serahkan pada Bintang Sempurna! Percetakan legendaris sejak 1989 ini sudah
terjamin kualitasnya. Nikmati juga kemudahan desain serta print online kemasan di sini. Hubungi nomor +62
812-8875-0000 untuk konsultasi sekarang juga!