Mau
kirim barang pecah belah tapi khawatir isinya rusak di tengah jalan? Sepertinya kamu tidak perlu kawatir lagi. Jika paket
kamu bungkus dengan cara yang tepat resiko barang rusak bakal sangat minim.
Apalagi kalau paketnya kamu tempeli dengan stiker fragile, dijamin petugas ekspedisi
akan menangani paket kamu lebih hati-hati dibanding yang tidak pakai.
Baca Juga: Gunanya Stiker Olshop pada Kemasan dan Pengiriman
Paket
Tapi apa sih stiker fragile itu, dan
bagaimana cara aman kirim paket barang mudah pecah? yuk simak artikel ini
selanjutnya!
Barang mudah pecah tentu butuh
penanganan khusus. Begitu pula kalau mau mengirimkannya, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan,
antara lain:
Pertama-tama,
untuk menghindari barang pecah belah terguncang dan bergesek dengan permukaan
lain, pastikan bungkus dulu dengan bubble wrap. Permukaan bubble wraap ada
gelembung udaranya, jadi barang pecah belah pun nggak bisa bersentuhan langsung
dengan sisi-sisi di sekitarnya. Butuh seberapa tebal? Untuk barang pecah belah,
memang harus cukup tebal supaya aman.
Setelah
membungkus barang pecah belah dengan bubble wrap yang cukup tebal, sebaiknya
jangan langsung dikirim begitu saja. Masukkan ke dalam kardus supaya lebih aman
dan barang lebih tak mudah berguncang.
Memilih
kardus untuk mengirim barang itu juga ada aturannya, lho, terutama untuk barang
pecah belah. Pastikan pilih kardus yang sesuai ukurannya supaya barang nggak
terguncang-guncang. Sebisa mungkin, hindari ada ruang hampa atau ruang sisa di
kardus.
Biasanya,
jasa ekspedisi akan menyarankan pengiriman paket barang pecah belah dengan
paket kayu. Kalau alamat penerimanya cukup jauh dari pengirim, sebaiknya terima
saran ini. Paket kayu akan memberi perlindungan yang jauh lebih baik
dibandingkan kardus biasa. Tenang saja, biasanya pihak jasa ekspedisi yang akan
membantu pengemasan kayu ini. Kita hanya perlu membayar tarif lebih tinggi.
Kalau
barang sudah dikemas, sekarang saatnya tempelkan stiker fragile di bagian luar
paket. Stiker ini penting banget untuk memberi tahu ke pihak ekspedisi dan
penerima bahwa isi di dalam paket butuh penanganan khusus.
Kalau
sudah membungkus paket dengan baik dan rapi tapi masih khawatir paket akan ditangani
dengan baik dan benar, kamu bisa tambahkan asuransi di paket barang pecah
belah. Asuransi bakal memberikan perlindungan ekstra, jadi pengirim lebih
tenang.
Kalau
ada sesuatu yang tak diinginkan terhadap paket tersebut, maka jasa ekspedisi
bakal memberi ganti rugi sesuai nilai barang yang ada di dalam paket. Jadi,
asuransi pengiriman barang ini adalah solusi yang tepat untuk barang-barang
berisiko tinggi.
Fragile berarti rapuh, gampang
pecah, pecah belah atau rentan. Jadi sederhanya stiker fragile adalah stiker
yang dipasang untuk memberi informasi pada ekspedisi bahwa isi paket adalah
barang yang mudah pecah. Dengan adanya stiker fragile paket akan ditangani
secara khusus dan lebih berhati-hati oleh petugas.
Selain memberi informasi bahwa isi paket adalah barang yang rentan pecah, secara umum stiker fragile berfungsi untuk:
Karena memiliki fungsi yang sangat
penting untuk pengaman saat kirim paket mudah pecah, maka akan lebih baik jika
kita membuat stiker fragile lebih mencolok dan mudah dilihat
petugas ekspedisi. Salah caranya adalah dengan cetak custom stiker fragile sendiri.
Kita bisa cetak stiker dengan bahan glossy yang memberi efek pantulan saat
terkena Cahaya biar petugas langsung mellihatnya.
Dimana bisa cetak stiker fragile? Datang saja ke
percetakan terdekat, atau kalau mau jaminan kualitas terbaik, datang saja ke Bintang
Sempurna yang ada di Bendungan Hilir. Percetakan yang sudah beroperasi sejak
tahun 1989 ini punya berbagai jenis kertas stiker glossy yang cocok buat cetak
stiker fragile.
Dengan dukungan teknologi dan pilihan cetak yang
terbaik, dijamin stiker kamu bakalan tahan lama dan tidak luntur. Kamu bisa
sesuaikan desainnya sesuai yang kamu mau. Tidak hanya stiker fragile tentunya,
apa saja bisa kamu cetak di sana. Bintang Sempurna adalah Solusi terintegrasi
untuk kebutuhan cetak lengkap dengan pilihan berbagai finishing.
Kunjungi Bintang Sempurna sekarang atau hubungi
Customer Service di +62 812 8875 0000. Kalau tidak mau report datang ke
Bendungan Hilir, bisa juga lewa platform cetak online di Onlineprint.co.id.